Posted by: Nurhayati Maharani | December 13, 2009

ETIKA MENULIS DI INTERNET

ETIKA MENULIS DI INTERNET

“Mempelajari internet bisa dikuasai hanya dalam beberapa hari, bahkan dalam hitungan jam. Namun, menjunjung tinggi etika dalam berinternet tetap membutuhkan waktu yang tidak sedikit…”

Berikut ini adalah etika yang perlu diperhatikan dalam menulis di internet:

1. Gaya bahasa yang di gunakan untuk menulis di internet harus sesuai aturan, seperti penggunaan singkatan dan kata-kata kasar, kenapa demikian, jaman sekarang ini yang mengakses internet bukan hanya orang dewasa saja, anak kecil pun sudah bisa, jadi secara tidak langsung kita mengjari mereka juga cara menggunakan gaya bahasa.

2. Content inilah yang menjadi no satu dalam suatu blog atau media lainnya, apakah contentnya hasil karya sendiri apakah hasil dari copy paste tulisan orang lain.

3. Etika menyalin tulisan orang lain, sebaiknya kita jangan full menyalin, yang harus kita lakukan ialah melakukan riview atas tulisan orang lain, dengan pemikiran kita sendiri, atau pendapat kita sendiri atas tulisan orang lain.

4. Spam, ngejunk atau kejahatan internet lainnya harus kita hindari, maksud ngejunk ialah membuat tulisan yang tidak bermutu, secara berulang ulang. Hingga mengotori atau merusak pemandangan sebuah media tersebut.

5. Penggunaan gambar yang baik, bisa lihat sendiri, saya menggunakan gambar yang sesuai dengan tema tulisan ini, karena efek visual itu bisa langsung menarik orang yang membacanya.

6. Pengelompokan tulisan, maksudnya membuat kategori tema yang kita tulis, jadi tulisan yang anda buat harus punya kategori, agar pembaca mudah melihat dan mengelompokannya,


Leave a comment

Categories